Konveksi Baju

Apa Itu Domain?


Apa itu domain? Bagi seorang pemula tentunya ini akan menjadi pertanyaan yang cukup sulit jika harus di jawab melalui bentuk tulisan, lain halnya bagi seorang yang sudah sejak lama bergelut di bidang bisnis online. Ada baiknya jika agan-agan yang baru belajar, untuk mempraktekannya bukan sekedar membacanya saja agar lebih memahaminya. 
Apa Itu Domain

Artikel tentang apa itu domain merupakan lanjutan pembahasan sebelumnya mengenai  tools online riset keyword. Bagi agan yang belum tahu cara riset keyword, tidak ada salahnya untuk pergi sebentar melihatnya dan kembali melanjutkan pembahasan apa itu domain. 

Berikut Ulasan Apa Itu Domain 

Domain merupakan alamat situs kita. Domain berguna untuk memudahkan pengunjung mengingat alamat web. Oleh karena itu, diperlukan untuk mempunyai nama domain yang mudah diingat. Untuk mempermudahnya domain dibagi menjadi 2 sisi. 

Nama Domain 
Extension 
seperti dalam contoh : GOOGLE.COM

GOOGLE = nama domain 
COM = extension. 

Untuk membuat nama domain, kita hanya diijinkan menggunakan huruf, angka serta garis penghubung. Pengunaan huruf kapital serta huruf kecil akan diabaikan, yang berarti : 

GOOGLE.com dan Google.Com atau gOOgLe.cOm semuanya akan tetap menuju ke halaman google.com.

Serta suatu nama domain cuma dapat dimiliki oleh satu pemilik saja. Bila satu domain telah dimiliki oleh orang lain, maka jika kita ingin menggunakan domain tersebut harus menunggu sampai domain itu expired serta tidak diperpanjang lagi masa expired -nya oleh pemiliknya.

Extension sendiri terbagi menjadi 3 bagian: 

generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD)
USA Top Level Domain
Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Anda bisa menemukan daftar lengkap extension di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains

Sementara ini, yang banyak digunakan oleh beberapa pelaku bisnis online yaitu : COM, NET, ORG, INFO

Subdomain 


Apa itu subdomain? Subdomain merupakan domain dibawah domain. Namun dia berdiri dengan sendiri. kita dapat menyamakan subdomain ini layaknya provinsi didalam satu negara. Provinsi ada didalam negara namun dia independent serta seolah-olah terpisah. 

Sebagai contoh subdomain : MAIL.GOOGLE.COM

MAIL = subdomain
GOOGLE = domain
COM = extension

Dalam kasus ini agan bisa membuat beberapa subdomain dengan catatan penamaannya di pisahkan dengan tanda titik.

Nah bagaimana, sampai disini sudah cukup jelas bukan tentang  apa itu domain? Jika merasa belum paham tentang apa itu domain, cobalah ulangi sekali lagi dengan cara mempraktekannya. Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya tentang apa itu hosting.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Domain Hosting dengan judul Apa Itu Domain?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisnisonlineyu.blogspot.com/2013/03/apa-itu-domain.html. Terima kasih!

Belum ada komentar untuk "Apa Itu Domain?"

Posting Komentar